UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Program Doktor (S3) Pendidikan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah memeroleh izin operasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemedikburistek) Republik Indonesia.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Pendirian Prodi S3 Pendidikan Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri kepada media, Rabu, 27 April 2022.

Andis, sapaan akrab Wakil Rektor II Unismuh Makassar ini, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan semua pihak, sehingga izin operasional Prodi Doktor Pendidikan tersebut terbit.

“Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan dan kerja keras segenap Tim Pembukaan Prodi S3,” ungkap Andis.

Ia juga mengapresiasi dan bersyukur atas dukungan Pimpinan Unismuh. “Terima kasih Bapak Rektor, Ketua BPH, Ketua Dewan Guru Besar, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Pimpinan Program Pascasarjana Unismuh Makassar, serta segenap Civitas Akademika Unismuh Makassar,” jelas Mantan Dekan FKIP Unismuh Makassar ini.

Dr Andis tak lupa berterima kasih atas dukungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX, khususnya Kepala LLDIKTI Drs Andi Lukman MSi, dan Kabag Tata Usaha LLDIKTI Munawir Sadzali Razak SIP MA.

“Terima kasih pula atas dukungan dari Majelis Diktilibang PP Muhammadiyah. Semoga Allah Rabbul Alamin membalas budi baik Bapak dan Ibu Semua,” terang Andis.

Wakil Rektor II Unismuh ini menyebut kunci sukses terbitnya izin operasional tersebut, dengan mengutip pepatah Bugis. “Resopa temmangingi Namalomo Nalletei Pammase Dewata. Usaha dan Kerja Keras insya Allah akan mendapatkan Titian Rahmat Ilahi, Insyaallah,” pungkasnya.

Saat dipresentasikan bulan lalu di hadapan evaluator lapangan secara daring, S3 Pendidikan Unismuh mengawalkan keunggulan berupa adanya kajian agama dalam Pendidikan, peranan sosial budaya dalam Pendidikan, dan Pendidikan STEAM (Sains Teknik Agama dan Matematika).

Pada aspek sikap, keunggulan yang ditawarkan yakni “mempunyai ketulusan, komitmen untuk mengembangkan sikap, nilai, dan karakter islami dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia untuk berbuat bagi kemaslahatan umat”.

Sementara dari segi keterampilan khusus, S3 Pendidikan Unismuh akan mengembangkan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan komunikatif yang berkarakter islami seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply