UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Berbagai langkah ditempuh Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar untuk mencapai akreditasi institusi unggul. Salah satu strategi yang ditempuh, dengan mendorong peningkatan kinerja Pimpinan dan Karyawan Unismuh melalui penerapan Daftar Hadir digital berbasis android.

Sosialisasi penerapan presensi online tersebut dirangkaian dengan acara Buka Puasa Bersama. Acara digelar di Balai Sidang Muktamar ke 47 Muhammadiyah Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Selasa 19 April 2022.

Dalam pengantar Sosialisasi, Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri yang membidangi Sumber Daya Manusia dan Keuangan mengungkapkan bahwa presensi online tersebut bakal diterapkan bagi 135 Pimpinan Universitas, mulai dari Pimpinan Badan Pembina Harian (BPH), Rektor hingga Ketua Prodi.

Daftar hadir tersebut juga diberlakukan bagi 37 Ketua dan Sekretaris Lembaga, serta 235 orang karyawan.

“Sistem berbasis aplikasi online ini, datanya lebih akurat, lebih hemat waktu, efisiensi dari segi biaya, rekapitukasi data lebih mudah, serta membuat karyawan lebih produktif,” jelas Andi Sukri Syamsuri yang lebih akrab dengan sapaan Andis

Penerapan daftar hadir digital ini dianggap sebagai solusi absensi bagi pimpinan maupun karyawan. “Selama ini karyawan Unismuh memang masih menggunakan sistem manual yakni menggunakan kertas dipadukan dengan absensi yang menggunakan mesin sidik jari. Absensi manual tersebut dianggap sudah tidak efektif, sehingga Unismuh merasa perlu menghadirkan sistem absensi berbasis aplikasi online,” ungkap Dr Andis.

Untuk menopang efektivitas pemberlakukan sistem presensi tersebut, Unismuh juga bakal memberikan insentif tunjangan lauk pauk bagi Pimpinan dan karyawan yang diwajibkan mengisi presensi secara daring tersebut.

Meskipun dapat diakses secara online, namun daftar hadir tersebut hanya dapat diisi jika berada dalam lingkungan kampus. Selain fitur kehadiran, aplikasi juga menyiapkan fitur sakit, izin, dan cuti.

Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

Ketua BPH Unismuh Prof Gagaring Pagalung menyambut baik kehadiran inovasi tersebut. Menurutnya, langkah ini merupakan upaya menjawab tantangan revolusi industri 4.0, dengan menghadirkan aplikasi presensi online sebagai salah satu alat ukur kinerja yang lebih akurat bagi karyawan.

Prof Gagaring juga menyambut baik pencapaian Prodi Sarjana (S1) Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter yang baru saja meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM-PTKes). Pencapaian itu membuat jumlah Prodi di Unismuh yang telah meraih akreditasi A sebanyak 15 Prodi.

“Untuk mendapat scoring maksimal untuk akreditasi institusi, setidaknya dibutuhkan 60% dari 49 Prodi meraih akreditasi A atau Unggul. Jumlahnya sekitar 29 Prodi. Insyaallah prodi yang lain bakal segera menyusul,” terang Guru Besar Ilmu Akuntansi ini.

Sementara itu Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menekankan pentingnya kedisiplinan dan kesungguhan dalam meraih akreditasi Unggul.

Unismuh memiliki hampir 300 karyawan, ditambah lebih dari 700 orang dosen. Ambo Asse yakin, jika sekitar 1000 SDM Unismuh tersebut berdisiplin, dan bekerja bersama-sama, akreditasi Unggul institusi bakal diperoleh dalam waktu dekat.

“Pimpinan dan Karyawan Unismuh sejatinya merupakan ‘petugas Muhammadiyah’. Bekerja secara ikhlas dan penuh motivasi mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah,” ungkapnya.

Prof Ambo juga Kembali memberi apresiasi atas raihan akreditasi Prodi S1 Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter Unismuh. Untuk menopang kemajuan prodi tersebut, Unismuh bakal meresmikan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh pada 16 Mei 2022.

“Insyaallah Ketua Umum PP Muhammadiyah bakal hadir langsung meresmikan Rumah Sakit tersebut, sekaligus pemancangan pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran Unismuh 12 lantai. Saya sudah minta kepada BPH, agar pembangunannya bisa diselesaikan paling lama 2 tahun,” urai nakhoda Unismuh Makassar ini.

Sosialisasi aplikasi disampaikan Ketua Devisi Sistem Informasi Manajemen Universitas Terpadu (SIMUT) ICT Unismuh Harun SPd. Kemudian acara ditutup dengan pengajian yang dibawakan oleh Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Drs KH Mawardi Pewangi M.Pd.I.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply