UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meenggelar kegiatan Webinar Internasional, Kuliah Pakar Metodologi Penelitian Kualitatif, Senin 11 April 2022.

Kegiatan yang dilakukan melalui aplikasi Zoom ini merupakan sebuah kegiatan kolaborasi antara Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) serta Universitas Sains Malaysia (USM).

Kolaborasi Webinar Internasional Metodologi Penelitian Kualitatif merupakan implementasi hasil dari penandatanganan kerjasama IA antar Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar, UTM dan USM. Narasumber yang dihadirkan dari USM Malaysia Assoc Prof Dr Mohammad Reevan Reevany Mustami dan narasumber dari UTM Malaysia Assoc Prof Dr Mahani Binti Mokhtar.

Menurut Kaharuddin Ph D Webinar Internasional Metodologi Penelitian Kualitatif dilakukan oleh Program Magister Pendidikan Sosiologi selain mewujudkan kerjasama.

“Juga sebagai ajang penguatan pondasi pengetahuan pemahaman lintas paradigma metodologi kualitatif bagi mahasiswa Magister Pendidikan Sosiologi,” ungkap Kahar

Selanjutnya menurut Kaharuddin hasil dari kegiatan Webinar Internasional Metodologi Peneliti Kualitatif akan dilakukan penulisan buku bersama terkait Metodologi Penelitian Kualitatif yang dirumuskan dalam tiga bahasa, yakni bahasa Indonesia, bahasa Melayu dan Bahasa Inggeris.

Dalam kegiatan Webinar tersebut Dekan FKIP Erwin Akib PhD memberikan pengantar yang sangat merespon dan mendukung penuh terkait kegiatan pengembangan intelektual mahasiswa dan dosen terkait metodologi yang fundamental dalam kajian ilmiah” ungkapnya.

Lanjut Dekan FKIP sebagai Alumni Universitas Teknologi Malaysia akan lebih memperkuat kerjasama dalam berbagai sektor pendidikan dan publikasi.

“Agar kelihatan keluaran sebagai bukti aktiviti implementasi, tidak sekedar terjadi dalam ruang tandatangan sahaja,” tandasnya.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply