UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Meski belum genap berusia setahun, Program Studi Magister Pendidikan Sosiologi Uiversitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terus mengembangkan kemitraan untuk memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pengembangan kemitraan tersebut diwujudkan dengan penandatanganan Implementation of Agreement dengan Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Mega Rezky (Unimerz).

Pihak yang bertandatangan yakni Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi Unismuh Kaharuddin PhD, Ketia Prodi S1 Pendidikan Sosiologi UNM Dr M Ridwan Said Ahmad, dan Kaprodi S1 Pendidikan Sosiologi Unimerz Dr Arfenti Amir.

Acara digelar di Ruang Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Rabu, 23 Maret 2022.

Penandatanganan impementasi kerjasama tersebut disaksikan Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib PhD, Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM Dr Jumadi, dan Wakil Dekan III FKIP Unimerz Dr Jalal.

Menurut Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi Unismuh Kaharuddin PhD, kerja sama tersebut difokuskan pada penguatan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengelolaan Jurnal, publikasi dan pengabdian pada masyarakat.

“Secara prinsip, kerjasama yang dijalin dapat saling memaanfaatkan sumber daya yang dimiliki dalam pengembangan pendidikan, pengajaran, penelitian, publikasi jurnal mahasiswa dan dosen, ataupun kolaborasi pengabdian masyarakat dan pengembangan kreatifitas mahasiswa,” ungkap Alumni S3 Universitas Teknologi Malaysia ini.

Selain itu, lanjut Kahar, pihaknya juga berharap mahasiswa S1 Pendidikan Sosiologi dari UNM dan Unimerz dapat melanjutkan studi ke Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh.

Beberapa waktu lalu Prodi Magister Pendidikan Sosiologi juga telah mengembangkan kerja sama internasional dengan Association of Muslim Community in Asean (AMCA), serta menggelar lomba penulisan artikel ilmiah dengan Universitas Sains Malaysia.

Sementara Kerjasama dalam lingkup nasional juga telah diinisiasi dengan menggandeng Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, Universitas Dinamika Bangsa Jambi, dan Jaringan Sekolah Alam Nusantara.

Tim Pengajar S2 Pendidikan Sosiologi Unismuh berkualifikasi Guru Besar dan Doktor dari berbagai perguruan tinggi terkemuka, baik dalam maupun luar negeri.

Leave a Reply