UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi Magister Pendidikan Sosiologi menggelar Workshop Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Kegiatan digelar secara daring dan luring, Kamis, 10 Maret 2022.

Dua narasumber yang diundang yakni Guru Besar Sosiologi Pertanian Unhas Prof Dr Darmawan Salman dan Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Unismuh Makassar Dr Nasrun.

Ketua Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar Kaharuddin PhD menyampaikan kegiatan ini bertujuan mengevaluasi dan menajamkan kurikulum yang telah disusun.

“Kami ingin melakukan penguatan kajian keilmuan, khususnya dalam menjembatani ilmu pendidikan dan ilmu Sosiologi,” jelas alumni S3 Universitas Teknologi Malaysia ini.

Dalam ulasannya, Prof Darmawan menegaskan pentingnya aspek penguasaan teori dan aplikasi bidang pengetahuan tertentu.

Bahan kajian, lanjutnya memiliki keterkaitan dengan Capaian Pembelajaran (CPL), sehingga diperlukan pemetaan yang menunjukkan kontribusi setiap bahan kajian dalam memenuhi CPL tertentu.

Prof Darmawan juga mengulas keluasan dan kedalaman bahan kajian. Keluasan bahan kajian dapat diukur dari aspek kemampuan mengklasifikasi pengetahuan.

“Kalau S2 lebih mengarah pada kemampuan konseptual dan teoritis. Sementara dari aspek kedalaman bahan kajian, S2 menuntut keterampilan pada ranah mengaplikasikan (Apply) dan menganalisis (analyze),” ujar Darmawan.

Sementara Dr Nasrun memberikan bimbingan teknis penyusunan RPS sesuai dengan format yang telah disepakati di Unismuh Makassar.

Leave a Reply