MAKASSAR – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Workshop Klinik Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Workshop dilaksanakan di Aula FEB Unismuh, Lantai 7 Gedung Iqra, Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Rabu, 2 Februari 2022. Peserta yang diundang adalah seluruh dosen FEB Unismuh Makassar

Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Dekan FEB Unismuh Dr Andi Jam’an SE MSi mengapresiasi panitia, sehingga acara tersebut dapat terselenggara.

Andi Jam’an berharap para dosen di FEB lebih giat meneliti dan melaksanakan kegiatan PKM. “Saya optimis dengan potensi dosen-dosen muda yang kita miliki, akan memacu lahirnya penelitian dan publikasi yang berkualitas,” ujarnya.

Nakhoda FEB ini menginginkan lahirnya komunitas peneliti muda yang dapat berkolaborasi dengan dosen dari prodi dan fakultas lain.

“Bahkan jika memungkinkan berkolaborasi dengan jejaring peneliti dari perguruan tinggi lain, baik di dalam maupun di luar negeri. Tentu juga dapat menunjang akreditasi prodi nantinya,” jelasnya.

Workshop tersebut menghadirkan dua narasumber yakni Ketua Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar Dr Ir Abubakar Idhan MP dan Asisten Direktur I Program Pascasarjana Unismuh Dr Syamsiah SP MP.

Abubakar membawakan materi seputar hibah penelitian kemendikbudristek, sedangkan Syamsiah menguraikan seputar PKM 5 Bidang

Setelah menguraikan materinya, Abubakar menyampaikan bahwa Lembaga yang dipimpinnya senantiasa terbuka bagi para dosen yang ingin berkonsultasi seputar riset dan PKM.

Saat ini, Kemdikbudristek sedang membuka penerimaan proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2022. Penerimaan proposal mulai tanggal 25 Januari hingga 10 Februari 2022.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply