MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID– Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyadari bahwa strategi marketing kampus tidak boleh lagi menggunakan cara lama. Apalagi pada masa pandemi COVID-19, proses sosialisasi kampus dengan berkunjung langsung ke sekolah, tidak bisa dilaksanakan secara maksimal.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri saat memberikan pengantar dalam acara peluncuran Lomba Video Pendek dan Pembentukan Tim Influencer Media Sosial Unismuh Makassar.

Kegiatan ini berlangsung di Puncak Menara Iqra, Lantai 18, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Sabtu 15 Januari 2022.

Untuk menyasar generasi Z, lanjut Andi Sukri, perlu menyesuaikan dengan kecenderungan yang mereka gandrungi. Gen Z adalah generasi yang lahir 1997-2012 atau berusia antara 10-25 tahun pada 2022.

Menurutnya, dasar pertimbangan itulah yang membuat Unismuh membuat Lomba Video Pendek dan membentuk tim influencer media sosial.

Ketua Panitia Dr Muhamamd Akhir menjelaskan bahwa lomba video pendek Unismuh menyasar siswa Kelas III/ XIII SMA Sederajat. Tema lomba yakni “Unismuh, It’s my dream”. Video dibuat dalam durasi maksimal 4 menit.

Untuk menarik animo siswa, lanjut Muhammad Akhir, Unismuh menyiapkan dana pembinaan bagi para juara. “Juara 1 mendapatkan 5 juta ditambah trofi, juara 2 mendapatkan 3 juta rupiah plus trofi, serta Juara 3 mendapatkan hadiah 2 juta dan trofi.

Selain itu, 100 orang pendaftar pertama, akan mendapat sertifikat dan biaya pembinaan 250 ribu,” jelasnya.

Wakil Dekan III FKIP Unismuh ini menambahkan tim influencer yang dibentuk, merupakan gabungan dari dosen, mahasiswa dan alumni Unismuh. Mereka adalah praktisi media sosial, seperti Instagram, youtube, hingga Tiktok.

“Alhamdulillah, salah satu konten yang diunggah tim kita di Tiktok, dalam 24 jam terakhir telah ditonton sekitar 350 ribu orang, mendapat sekitar 500-an komentar, dan 31 ribu like. Dengan jalan ini, sosialisasi kitab isa menyasar lebih banyak orang,” ungkap Muhammad Akhir.

Pesan Wakil Rektor

Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda saat diberi kesempatan memberikan arahan dalam peluncuran ini mengatakan bahwa kata kunci menyosialisasikan Unismuh adalah “Cerdas dan Islami”.

“Silakan menggambarkan kata kunci ini dalam kemasan menarik. Silakan sampaikan, jika ingin menjadi mahasiswa yang cerdas, dan lebih dekat kepada Allah, Unismuh adalah pilihan tepat,” kata Rakhim Nanda.

Ia menambahkan, agar tim kreatif ini dapat menunjukkan fasilitas yang ada di Unismuh, prestasi yang dicapai kampus, hingga capaian para alumni.

Namun Rakhim mengingatkan, jangan menyampaikan sesuatu dengan cara yang berlebihan, atau sesuatu yang tidak ditemukan di Unismuh.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Drs Mawardi Pewangi MPdI juga memberikan motivasi kepada tim promosi virtual kampus Unismuh ini.

“Dalam agama, kita diminta menyampaikan pesan sesuai dengan zaman. Sampaikan pesan secara arif bijaksana, menarik dan mengembirakan. Jika pesan yang kalian sampaikan berhasil mengajak orang ke jalan kebaikan, atau bisa membuat orang bergabung di Unismuh, Insyaallah kalian mendapatkan pahala amal jariyah,” ungkap Mawardi.

Penerimaan Maba Unismuh yang telah diluncurkan 1 Januari 2022, mulai mendapatkan respon dari calon mahasiswa. Hingga 15 Januari, tercatat 152 orang telah mendaftar di Unismuh Makassar.

Leave a Reply