MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Mahasiswa Fakultas pertanian Unismuh Makassar melakukan kunjungan praktek lapang di Urban Farming Millineal Kota Makassar, Senin (27/12/21).

Kegiatan ini di dampingi langsung oleh Tim Pengajar (Team Teaching) yaitu, Jumiati dan Sahlan sebagai Pengampu mata kuliah Manajemen Pemasaran Pertanian dan Ilmu Usaha Tani.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa untuk melihat secara langsung Urban farming yang dilakukan oleh kelompok pemuda yang bernama Urban Farming Millineal yang berada di tengah perkotaan Makassar terutama bauran pemasaran yang dilakukan serta analisis usaha taninya sebagai bentuk memperkuat ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19 sekaligus dapat menjadi sumber penghasilan tambahan di tengah situasi perekonomian yang tidak menentu.

Di sisi lain, pembangunan pertanian di saat ini dihadapkan pada berbagai permasalahan di antaranya meningkatnya jumlah penduduk disertai dengan meningkatnya alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman terutama di daerah perkotaan.

Berkurangnya luas lahan pertanian di kota di wilayah-wilayah mengakibatkan kegiatan pertanian juga berkurang. Hal ini berdampak pada ketersediaan bahan pangan masyarakat.

Kegiatan kunjungan praktek lapang ini mendapat respon yang positif dari pengelola Urban Farming Millineal Kota Makassar.

Akbar, selaku Kordinator Pengelola Greenhouse Ini berharap bisa menjadi Learning Center Pendidikan, penelitian Edu Wisata dan Sekaligus Bisnis supaya kehadiran Urban Farming Milenial Makassar ini memberikan banyak manfaat serta meberlanjutan nya ke depan untuk anak Muda Milenial tertarik.

“Urban Farming Milenial Makassar ini Memberikan Sustainable Benevit. Bukan tidak mungkin membangun pertanian di tengah perkotaan pada era saat ini. Dengan melibatkan semua pihak salah satunya Pemuda Millineal terkhusus mahasiswa Agribisnis fakultas pertanian unismuh Makassar untuk menyediakan pangan yang sehat dan aman,” ungkapnya.

Di tangan para Pemuda Millineal ketersediaan dan keamanan pangan bisa menjadi cikal bakal ketahanan pangan nasional. Dan, di tangan Pemuda Millineal pulalah makanan sehat untuk generasi masa depan bisa tersaji. Kegiatan Urban Farming Milenial Makassar inilah yang dilakukan secara Hidroponik dipilih untuk penuhi kebutuhan sayuran hijau.

“Aktivitas pertanian hidroponik pun jadi langkah memperkuat ketahanan pangan. Hidroponik saat ini menjadi pilihan beberapa masyarakat khususnya yang dilakukan Urban Farming Milenial Makassar untuk memenuhi kebutuhan akan sayuran hijau. .Sistem tanam ini juga didukung oleh Kementerian Pertanian sebagai langkah memperkuat ketahanan pangan,” tutupnya.

Leave a Reply