MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar di Visitasi Tim Asesor Lembaga Akrditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKES) Indonesia, Selasa – Rabu (14 -15) Desember 2021.

Tim Asesor LAM – PTKES yang melakukan asesmen lapangan adalah, dr Eko Arisetijono, Sp.S (K), dr Tridjoko Hadianto, M.Kes, DTMH serta dr Adisetiawati, Sp.A (K).

Sebelum turun melakukan asesmen lapangan tim asesor LAM – PTKES istirahat sejenak dilantai 17 Gedung Iqra Kampus Unismuh dengan disambut oleh Ketua BPH Prof Gagaring Pagalung, Rektor Unismuh, Prof Dr H Ambo Asse, Waki Rektor I, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II, Dr H Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III, Dr H. Muhammad Tahir, Wakik Rektor IV, Drs H Mawardi Pewangi. Dekan FKIK, Prof Dr dr Suriani As’ad, M.Sc dan seluruh wakil dekan dan sejumlah dosen FKIK Unismuh.

Usai diterima rektor, tim asesor LAM-PTKES bersama Wakil Rektor I, Dr Rakhim Nanda dan Wakil Rektor IV, KH Mawardi Pewangi menuju lantai 18, lantai teratas gedung Iqra untuk melihat keindahan Kota Makassar dan sekitarnya.

Rektor Prof Ambo Asse, dalam penerimaannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim asesor LAM – PTKES Indonesia yang telah melakukan asesmen lapangan akreditasi Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter FKIK Unismuh Makassar.

Rektor Prof Ambo Asse, dalam kesempatan ini menyampaikan 7 fakuktas dan 1 program pascasarjana yang dibina Unismuh. Serta rencana pembukaan program studi S3 Pendidikan dan S3 Pertanian yang saat ini sedang dalam proses .

Rektor juga menyampaikan sejumlah aset milik Unismuh yang berada di Kab. Gowa, diantaranya Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh di Gowa, Pusdiklat di Bollangi, Gowa, Pesantren Unismuh di Bissoloro, Gowa serta gudang pembelian jagung di Doja, Gowa.

Rektor dalam kesempatan ini juga mengatakan pihak universitas akan terus melakukan pembinaan sekaligus akan menfasilitasi upaya pengembangan FKIK Unismuh kedepan. Karena itu rektor berharap kepada tim asesor untuk selalu memberikan arahan dan bimbingannya agar FKIK Unismuh bisa lebih baik lagi.

Sementara Ketua BPH Unismuh Prof Gagaring Pagalung dalam sambutannya, sebagai perwakilan PP Muhammadiyah di Unismuh mendukung semua upaya pengembangan FKIK Unismuh termasuk didalamnya pembangunan sarana dan prasarana dalam memperlancar seluruh proses akademik.

Termasuk pembangunan RS PKU Muhammadiyah Unismuh berlantai 8 dan Kampus FKIK berlantai 12, berharap awal tahun 2022 sudah dilaunching dan peletakan batu pertama pembangunan kampus.

Sementata Dekan FKIK Unismuh, Prof Suryani As’ad, menyampaikan asesor LAM-PTKES melakukan asesmen lapangan selama dua hari Selasa – Rabu (14 – 15) Desember 2021.

Dikatakan Prof Suryani saran serta rekomendasi yang diberikan tim asesor telah ditindaklanjutinya dengan sangat baik, ini terlaksana karena bimbingan tim asesor serta dukungan dan kerjasama yang baik tim akreditasi FKIK Unismuh selama ini berjalan baik ini juga tidak lepas dari dukungan mantan dekan periode sebelumnya.

Ketua tim visitasi, dr Eko Arisetijono, mengatakan dirinya bersama timnya melakukan asesmen lapangan kepada dua prodi, yakni Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter FKIK Unismuh karena mendapat tugas dari LAM-PTKES Indonesia.

Posisi saya bersama tim asesor sebut dr Eko bukan untuk menilai tetapi untuk membantu prodi bisa mencapai standar pengelolaan FKIK Unismuh agar semua prodi bisa unggul. Dikatakan menjadi dokter atau tenaga kesehatan memerlukan kapasitas yang khusus, bagaimana dulu tenaga kesehatan menangani covid 19 lebih mengutamakan keselamatan orang lain dari pada kesehatan dirinya itulah jati diri tenaga kesehatan. Dikedokteran tidak beleh sedikit pun ada kesalahan dalam penanganan dan dokter tidak dilahirkan tapi dibangun.

dr Eko juga mengajak bersama-sama dengan tim asesor LAM-PTKES untuk memotret dari berbagai sudut agar FKIK Unismuh bisa mencapai standar yang ada.

Leave a Reply