MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Pesantren Mahasiswa K.H Djamaluddin Amien (Pesmadina) Unismuh bersama Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah (NA) Unismuh menggelar webinar parenting secara offline dan online di Mini Hall Pesmadina, Jumat 19 November 2021.

Webinar parenting secara offline dihadiri sekitar 50 mahasiswa binaan Pesmadina Unismuh dan beberapa orang dosen. Dan seratusan lebih peserta mengikuti by zoom.


Webinar parenting dalam rangkaian Milad 109 Muhammadiyah menghadirkan pembicara Psikolog Internasional yang juga pakar parenting, Bunda Elly Rusman Musa, Psi, Jumat 19 November 2021.

Selain itu, dua pembicara lainnya Rosmaladewi, S.Pd, M.Ed, Ph.D (dosen/akademisi) dan Kepala Pengelola Pesmadina Unismuh Makassar, Sitti Chaerani Djaya, S.Sos, M.Pd.

Selain kegiatan webinar parenting juga dilaksanakan Pelantikan dan Rakerpim Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah Unismuh Makassar, pada Sabtu dan Ahad 20 – 21 November 2021.

Webinar Parenting ini mengambil tema “Parenting Education: Solusi Cerdas Era Loterasi Digital.

Pakar Parenting, Elly Risman Musa, menjelaskan tantangan pengasuhan anak dimasa pandemi dalam era digital sekarang ini. Dikatakan masa pandemi sekarang ini sudah berjalan kurang lebih 1 tahun, 7 bulan.

Berbagai perubahan telah terjadi dalam kehidupan kita, baik dibidang politik, sosial, ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Yang dirasakan orang tua dimasa pandemi adalah pendidikan. Dimana dimasa pandemi ini anak-anak tidak sekolah, berada di rumah, tidak pernah jadi guru tapi menjadi guru.

Tidak tahu matapelajaran tiba-tiba harus jadi guru dari sekian anak dan tingkatan yang berbeda pada waktu bersamaan dan mata pelajaran yang berbeda pula.

Dan disaat itu pula mengurusi peran yang banyak seperti mengerjakan pekerjaan rumah yaitu mencuci, memasak dan lainnya. Sehingga tidak sedikit menimbulkan goncangan, stres dan lainnya.

Dan sampai saat ini pula belum menerima juklat dari diknas maupun dari sekolah terkait penyelenggaraan pendidikan. Sehingga pihak sekolah jungkir balik menyediakan jawaban ketika terjadi pertanyaan tentang proses belajar mengajar.

Menurut kabar yang diperoleh Elly Risman bahwa kedepan pendidikan akan jadi digital terus dan plafon pendidikan setiap ilmu dan level tersedia di dunia digital.

“Inilah kondisi yang dialami orang tua atau ibu dimasa pandemi ini sekaligus menjadi tantangan dalam pengasuhan anak saat ini,” ujar Elly Risman.

Dikatakan, di zaman sekarang ini anak-anak kita dengan mudahnya mengakses informasi dari berbagai media elektronik maupun media sosial yang tidak saja berdampak negatif tetapi ada juga positifnya.

Agar anak tidak jauh terjerumus kepada informasi yang negatif, Psikolog Anak, Elly Risman Musa mengatakan dalam mendidik anak di era digital, orang tua atau guru seharusnya dapat mengikuti terus perkembangan dan pergaualan anaknya.

Orang tua perlu mengenali lebih dekat tentang apa tontonan anaknya dan juga permainan game yang mereka mainkan. Tetapi ingat, Kata Elly Risman dalam nerkomunikasi dengan anak tidak didasari dengan emosi yang tinggi, tetapi dikomunikasikan dengan suasana hati yang tenang.

Elly Risman menyarankan agar orang tua dalam mendidik anaknya diminta mampu mengarahkan anaknya dalam mengakses informasi dijadikan sebagai sarana belajar yang positif agar anak-anaknya berprestasi.

Leave a Reply