UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tingkat kompetisi masuk ke Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tahun ini cukup ketat. Dari 9087 Calon Mahasiswa Baru, hanya sekitar 51,47% yang diterima.

Hal itu menggambarkan bahwa Unismuh semakin diminati sebagai tempat mempersiapkan masa depan.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Pembina Harian Unismuh Makassar Prof Gagaring Pagalung dalam sambutan Pembukaan Orientasi Akademik dan Ta’aruf Mahasiswa Baru Unismuh Tahun 2021/2022, di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh, Senin (20/9/2021).

Orientasi Mahasiswa Baru Unismuh ini mengusung tema “Mempersiapkan Generasi Berkemajuan Menuju Kampus Islami, Unggul, Terpercaya, dan Mandiri”.

Gagaring mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru, yang berhasil melalui proses seleksi yang cukup ketat itu.

Ia berpesan agar para mahasiswa wajib mengetahui tujuan Universitas, sebagai wahana untuk meningkatkan kapasitas diri, baik pengetahuan, kode etik, maupun kepribadian.

“Unismuh telah menyiapkan sarana dan prasarana dalam pencapaian Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pada bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pembinaan dan pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan,” jelas Gagaring.

Guru Besar Ilmu Akuntansi ini berharap mahasiswa senantiasa mengembangkan diri di bidang penelitian.

“Melalui penelitian, mahasiswa saya harap memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, senantiasa ber-Iqra, tempatnya di kelas maupun di perpustakaan. Apalagi sekarang era teknologi-informasi, perpustakaan digital bisa diakses dimana saja melalui gawai,” tukas Gagaring.

Ia juga mengingatkan mahasiswa mengambil peran dalam kehidupan masyarakat, melalui jalur pengabdian pada masyarakat.

Acara ini dibuka Rektor Unismuh Prof Ambo Asse. Para Wakil Rektor dan Dekan se-Unismuh turut hadir. Kegiatan digelar secara luring dan daring. Hanya sekitar 200 maba yang ikut secara luring, sedangkan sekitar 4000-an maba lainnya ikut secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Materi Orientasi Maba

Koordinator Steerring Committee Dr Nurdin Mappa menjelaskan bahwa Orientasi Akademik Unismuh akan digelar selama tiga hari, 20-22 September 2021. Setelah itu mahasiswa akan dikukuhkan pada 25 September 2021.

Pada hari pertama, katanya, mahasiswa baru Unismuh akan mendapatkan materi seputar penanaman nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan. Narasumbernya yaitu, Drs Ali Hakka M.Pd.I (Kehidupan Kampus Islami), Dr Muh Ilham Muchtar (Materi Aqidah-Akhlak), dan Drs Nurdin Massi M.Pd.I (Kemuhammadiyahan).

Hari Kedua, lanjut Nurdin Mappa, mahasiswa akan mendapatkan materi dari Pimpinan Universitas. Materi Tugas dan Program BPH akan disajikan Ketua BPH Prof Gagaring Pagalung, sementara Rektor Unismuh Prof Ambo Asse akan membawakan materi ‘Sejarah, Visi dan Misi Unismuh Makassar’.

Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda akan membahas aktivitas akademik dan kerjasama. Wakil Rektor II Dr Andi Sukri Syamsuri bakal mengulas seputar keuangan. Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewangi M.Pd.I membawakan materi tentang Al-Islam Kemuhammadiyahan.

“Sesi siang pada hari kedua, Wakil Rektor III, Pak Dr Muhammad Tahir akan memberikan orientasi seputar bidang kemahasiswaan. Lalu dilanjutkan dengan perkenalan lembaga kemahasiswaan,” jelas  Nurdin Mappa.

Pada hari Rabu (22/9/2021), orientasi akademik dan ta’aruf akan digelar di masing-masing Fakultas. Pengukuhan Maba baru akan digelar dalam Rapat Senat Terbuka, yang akan diadakan Sabtu (25/9/2021).

Leave a Reply