UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sekitar 3800-an mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal mengikuti acara Penyambutan dan Orientasi Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021/2022. Hal itu terungkap dalam rapat yang dipimpin Ketua Panitia Drs KH Mawardi Pewangi MPd.I di Gedung Iqra Unismuh Makassar, Lantai 16, Senin, 13 September 2021.

Kegiatan ini akan digelar secara daring dan luring, pada 20-23 September 2021. Secara daring, akan digelar melalui aplikasi zoom meeting, sedangkan peserta yang ikut secara luring, akan hadir di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar.

“Orientasi dimulai pada Senin, 20 September, dengan materi pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Selanjutnya Selasa, akan diisi dengan materi seputar kebijakan kampus dari Pimpinan Universitas, termasuk orientasi pembinaan kemahasiswaan,”pungkas Mawardi, yang merupakan Wakil Rektor IV Unismuh Makassar.

Hari Rabu, 21 September, sambung Mawardi, akan digelar orientasi di fakultas masing-masing. “Setelah melalui tahapan selama tiga hari, mahasiswa akan dikukuhkan Kamis, 23 September,”ujar Mantan Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh ini.

Kegiatan orientasi ini, katanya, juga akan mengundang orang tua mahasiswa baru hadir secara daring, agar mereka juga bisa memahami aturan dan budaya kampus Unismuh Makassar.

Mawardi melanjutkan, kegiatan pengukuhan mahasiswa baru ini juga akan dirangkaikan dengan penyerahan SK Guru Besar Prof Nursalam, Dosen Pendidikan Sosiologi FKIP Unismuh. SK tersebut rencananya akan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Prof Jasruddin.

“Selain itu, akan ada pula penyerahan penghargaan kepada Sekolah yang paling banyak alumninya bergabung dengan Unismuh tahun ini,”ungkap Mawardi.

Meskipun sebagian acara dilaksanakan secara luring, namun Panitia berkomitmen menegakkan protokol kesehatan yang ketat. Protokol tersebut berupa, kewajiban menggunakan masker, menyiapkan tempat cuci tangan sebelum memasuki lokasi acara, dan pengaturan tempat duduk secara berjarak.

“Peserta yang diundang hadir secara luring, adalah peserta yang telah mengikuti vaksinasi COVID-19,” jelas Mawardi.

Rapat ini juga dihadiri Wakil Rektor III Dr Muhammad Tahir, Sekretaris Panitia Dr Arifin Fattah, Koordinator Steerring Committee Dr Nurdin Mappa, serta para Koordinator Divisi Panitia Orientasi Maba Unismuh 2021/2022.

Leave a Reply