UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah Makassar dan Centre for Policy Research and International Studies Universiti Sains Malaysia (CenPRIS USM) berkolaborasi menggelar kegiatan Lomba Artikel Internasional.

Hal itu disampaikan Plt Ketua Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Kaharuddin PhD, di Kampus Unismuh Makassar, Selasa (3/8/2021). 

Menurutnya, kolaborasi ini diinisasi Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh, saat menggelar Workshop Metodologi penelitian dengan mengundang peneliti CenPRIS USM Prof Reevany Bustami, beberapa waktu lalu.

“Dalam kegiatan tersebut, tercetus ide kolaborasi riset seputar Nusantara, yang meliputi beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina,” jelas Kahar.  

Sebagai langkah awal, kami mendorong kolaborasi agar mahasiswa mau menulis topik-topik yang terkait dari isu kenusantaraan dari berbagai perspektif.

“Mahasiswa bisa  menulis topik seputar nusantara dari perspektif Sosiologi, Pendidikan, Sejarah, Politik, Kesehatan, Teknologi, Ekonomi, Komunikasi dan lain-lain,” jelas Alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia ini.

Kedepan, kata Kahar, kerjasama ini bisa ditindaklanjuti dengan kolaborasi dosen dalam penelitian, maupun menulis di jurnal internasional.

Kolaborasi internasional tersebut, dikoordinasikan melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Makassar. 

“Kami apresiasi langkah kerjasama internasional yang dirintis teman-teman Sosiologi. KUI Unismuh siap memberikan dukungan maksimal, agar lomba artikel ini dapat diikuti secara maksimal oleh mahasiswa dari berbagai Prodi yang ada di Unismuh,” ujar Kepala KUI Unismuh Maharida.

Ia juga berharap Kerjasama yang bersifat permanen antara USM dan Unismuh dapat dilanjutkan secara lebih intensif.

Harapan Universitas Sains Malaysia

Sementara itu, peneliti CenPRIS USM Reevany Bustami juga menyambut gembira kerjasama antara Unismuh dan USM ini.

“Saya sangat menyambut baik kerjasama antara dengan Unismuh Makassar dalam kerjasama lintas Nusantara ini. Unismuh merupakan universitas yang semakin menonjolkan keunggulannya dengan komunitas ilmuwan yang luar biasa dalam semangat dan kualitas perjuangan akademik.

Reevany menambahkan, bahwa kegiatan Lomba Artikel Internasional ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Perpustakaan Internasional Waqaf Ilmu Nusantara (I-WIN) yang berada di bawah Nusantara Malay Archipelago Research, CenPRIS USM.

“Misi Perpustakaan tersebut adalah, pertama dibangun dengan inspirasi untuk mempromosikan niat murni dan praktik Wakaf Ilmu. Wakaf ini dapat mengembangkan ‘barang publik’ dan membuka ruang bagi anggota masyarakat untuk berinvestasi secara spiritual dan intelektual. Ini adalah bentuk investasi sosial, spiritual, intelektual,” jelas penerima gelar PhD dari London School of Economics and Political Science, Inggris ini.

Kedua, lanjut Reevany, untuk menghidupkan kembali budaya berkarya dan mengoleksi karya intelektual, sehingga membangun gudang ilmu sebagai khazanah warisan, seni, penelitian, inspirasi dan imajinasi masa depan di kawasan Nusantara.

Selanjutnya, tujuan ketiga, adalah misi Nusantara. “Tujuannya untuk mengangkat dan mempromosikan peradaban dan keindahan Nusantara serta mempererat tali silaturrahmi sahabat dan kerabat di kawasan Nusantara,” 

Perpustakaan i-WIN, kata Reevany, diharapkan menjadi wadah dan wahana untuk membangun jembatan yang mungkin putus dan membangkitkan semangat dan solidaritas persaudaraan Nusantara serta bergabung untuk saling belajar dan melengkapi.

“Saya berdoa semoga Allah SWT memberikan keberkahan dan kesuksesan atas kerjasama kedua institusi kita yaitu Unismuh Makassar dan CenPRIS-USM.  Dan Semoga hasilnya membawa manfaat lahir batin akhirat bagi ummat di Nusantara dan di seluruh dunia,” tutup Reevany.

Ketentuan lebih lanjut seputar lomba artikel tersebut dapat diakses melalui: https://waqafilmunusantara.com/.

Leave a Reply