MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kini telah memiliki alat teleskop atau teropong pemantau Hilal.

Teleskop pemantau Hilal itu didatangkan dari Pulau Jawa dan sekarang ini alatnya sudah tiba di Kampus Unismuh.

Alat ini sudah mulai dipasang, Kamis 8 Juli 2021 di lantai 18 Gedung Iqra Kampus Unismuh Makassar.

Wakil Rektor IV, Drs H Mawardi Pewangi ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis 8 Juli mengatakan, teleskop ini akan mulai di uji cobakan untuk memantau Hilal awal 1 Dzulhijkah 1442 H, pada Sabtu 10 Juli 2021.

Sebelumnya Wakil Rektor II, Dr Andi Sukri Syamsuri pernah menyampaikan
kalau uji coba ini telah dijadwalkan setelah selesai acara pengukuhan dua guru besar Unismuh serta penganugerahan penghargaan kepada salah seorang tokoh pendidikan yang dianggap banyak berjasa bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Muhammadiyah dan terkhusus kepada Unismuh Makassar, pada Sabtu hari itu.

Lanjut Wakil Rektor IV Mawardi Pewangi, alat pemantau Hilal ini untuk PTM baru ada tiga di Indonesia yakni UAD, UMSU serta Unismuh Makassar.

“Teleskop Unismuh Makassar nantinya akan menjadi tempat praktek bagi mahasiswa jurusan Ilmu Falaq, ” ujar Mawardi.

Dikatakan, tidak hanya mahasiswa, tetapi juga sebagai tempat belajar bagi anak anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMA atau yang sederajat dan sekaligus untuk tempat rekreasi.

Sekadar diketahui alat teleskop ini berjalan secara otomatis yang dapat menentukan arah kiblat, memantau perjalanan bulan dan matahari dan juga planet mars.

Leave a Reply