MAKASSAR.UNISMUH.AC.ID– Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar Erwin Akib PhD secara resmi meluncurkan Podcast melalui kanal Youtube. Peluncuran digelar secara sederhana di Studio Podcast FKIP Unismuh, Jalan Sultan Alauddin, Kamis (1/7/2021).

Podcast adalah singkatan dari kalimat personal on demand broadcast, yakni sebuah penyiaran yang dilakukan atas dasar permintaan pribadi. Awalnya, podcast adalah sebuah konten berupa audio yang diunggah di internet. Seiring perkembangan teknologi informasi seperti munculnya Youtube sebagai kanal video berbasis internet, podcast mulai berwujud audio-visual.

Dalam sambutan peluncurannya, Erwin Akib menyampaikan bahwa kehadiran podcast tersebut merupakan wujud kreativitas dalam menyosiaslisasikan keunggulan yang ada di Fakultas yang dipimpinnya.

“Ke depan, podcast ini bias dimanfaatkan oleh semua Prodi yang ada di Unismuh untuk menyampaikan keunggulan-keunggulan yang mereka miliki. Lembaga-lembaga kemahasiswaan juga dapat memanfaatkan fasilitas ini,” jelas Erwin, Kamis (1/7/2021).

Ortom-ortom Muhammadiyah, lanjut Erwin, juga dapat memanfaatkan podcast tersebut untuk menyosialisasikan program dakwahnya.

Selain itu, ia juga berharap, wadah podcast tersebut dapat menjadi wahana pengembangan keilmuan bagi para dosen dan mahasiswa.

“Termasuk bisa menjadi tempat bagi kita dalam mendiskusikan berbagai persoalan aktual yang dihadapi bangsa ini, agar kita bias mencari solusi bersama-sama,” ungkap alumni S3 Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini.

Selain Dekan, semua Wakil Dekan FKIP Unismuh turut hadir dan memberikan testimoni dalam peluncuran podcast tersebut.

Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr Baharullah berharap podcast tersebut dapat menjadi ruang sosialisasi informasi akademik, maupun pengembangan Prodi. Sedangkan Wakil Dekan II Andi Adam berharap ruang tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengambangan kapasitas SDM Dosen, termasuk informasi kepangkatan.

Sementara itu, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr Nursalam menekankan pentingnya wadah podcast tersebut dimanfaatkan untuk sosialisasi program Lembaga kemahasiswaaan, maupun menyosialisasikan prestasi-prestasi yang dimiliki mahasiswa FKIP Unismuh.

Wakil Dekan IV Syamsuriadi P Salenda hadir membacakan ayat suci Alquran. Acara peluncuran podcast FKIP Unismuh Makassar ini dipandu Dr Muhammad Akhir, yang merupakan Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unismuh, sekaligus pengelola kanal Youtube “Pak Doktor Channel”.

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FKIP Unismuh. Beberapa Ketua Program Studi dalam ruang lingkup Unismuh Makassar juga hadir.

Leave a Reply