MAKASSAR. Ketua BPH Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Gagaring Pagalung, S.E., M.Si., Ak., CA, menghadiri peresmian Rumah Dhuafa dari program Asia Muslim Charity Foundation (AMCF), di Pulau Pala, Desa Mattiro Dolangeng, Kec. Liukang Tupabbiring Pangkep, Selasa (13/4/2021).

Peresmian Program Rumah Dhuafa turut dihadiri Wakil Bupati Pangkep, H. Syahban Sammana, S.H, Dewan Pembina AMCF, Dr. Muh. Ali Bakri, S.Sos, M.Pd.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Drs. K.H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I dan Ketua BPH Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Gagaring Pagalung, S.E., M.Si., Ak., CA.

Pada saat sambutan Prof Gagaring mengatakan, kegiatan kemanusian dilaksanakan AMCF sebagai mitra Unismuh Makassar dalam program pemberdayaan masyarakat perlu mendapat dukungan masyarakat, pemerintah dan perguruan tinggi yang memiliki tanggungjawab mencerahkan masyarakat melalui tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Pihak Unismuh Makassar terus mengupayakan membangun sinergi dan kolaborasi yang lebih strategis lagi setelah melihat langsung di lapangan program dan sasaran kapal kemanusiaan AMCF di masyarakat, tandas Dekan Fakultas Ekonomi Unhas pada masanya ini.

Program Kapal Kemanusiaan 04 AMCF melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan susur 6 pulau terpencil di Kabupaten Pangkep yaitu Pulau Pala, Pulau Podang-podang, Pulau Kulambing, Pulau Karanrang, Pulau Layya dan Pulau Cengkeh.

Program susur pulau ini dilaksanakan sejak 2-13 April 2021 dengan beragam kegiatan kemanusiaan dilaksanakan antara lain Pembangunan Rumah Untuk Dhuafa 1 Unit, 16 Unit Panel Surya, 200 Paket sembako, 4 Unit Kursi roda dan 3 Unit Tongkat, Pemeriksaan Kesehatan 250 warga.

Pembagian masker dan penyuluhan protokol kesehatan covid-19, Perpustakaan Apung bagi anak-anak, penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, layanan pendidikan dan keagamaan dilaksanakan efektif 13 hari, ujar Khaeruddin selaku Administrator Kapal Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan.

Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana pada acara peresmian mengapresiasi Program Kemanusiaan AMCF karena AMCF telah menjadi mitra Pemerintah Pangkep sejak 2018 membantu masyarakat kepulauan apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.

Mewakili pemerintah Pangkep mengucapkan banyak terima kasih dan mengapresiasi AMCF melalui program Kapal Kemanusiaan telah menyusuri pulau-pulau yang ada di Pangkep selama 13 hari dalam memberikan bantuan bantuan sosial kemasyarakatan, katanya

Tidak banyak lembaga atau Yayasan seperti AMCF yang bisa konsisten memberikan pelayanan sosial kemasyarakatan di wilayah kepulauan. Semoga sinergitas seperti ini tetap berlanjut, tandasnya.

Dr. Muh. Ali Bakri, M.Pd, yang turut hadir dalam memberikan sambutannya menyampaikan sebagai “Selaku representasi AMCF di Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Ketua BPH Unismuh Makassar yang mendukung pelaksanaan Program Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan ini.

Berkat dukungan semua pihak, pencapaian tujuan AMCF upaya membantu masyarakat yang sangat membutuhkan di wilayah pulau terpencil khususnya di Indonesia dapat kita realisasikan dengan baik berkat sinergitas dan kolaborasi secara bersama-sama.” Ujar Dewan Pembina AMCF Pusat tersebut.

Drs. K.H. Mawardi Pewangi yang mewakiki Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan juga menyampaikan sambutannya bahwa AMCF telah lama bermitra dengan persyarikatan Muhammadiyah sejak tahun 1992.

Pada awal pendirian, AMCF bergerak di bidang pembangunan masjid, panti asuhan, sekolah, klinik kesehatan, pengiriman da’i dan pendirian 20 ma’had-mahad di Indonesia termasuk Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar.

saat ini AMCF terus mengembangkan programnya khususnya pada bidang kemanusiaan di Indonesia baik itu kapal kemanusiaan dan pusat kemanusiaan.

Kapal Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan berkantor di kampus Unismuh Makassar sejak didirikan 2018 yang lalu.

Semoga kegiatan kemanusiaan seperti ini terus dilanjutkan agar masyarakat dapat dibantu dan diberdayakan termasuk pemberdayaan bidang ekonominya., ujar Wakil Rektor IV Unismuh Makassar ini.

Di akhir acara peresmian Wakil Bupati Pangkep menganugrahkan Piagam Penghargaan kepada Dewan Pembina AMCF Pusat, Dr. Muh. Ali Bakri, S.Sos, M.Pd atas nama Yayasan Muslim Asia (AMCF) atas dedikasi dan kepeduliaan dalam melaksanaan program kemanusiaan di Sulsel terutama di Pangkep.(yahya/ulla)

By admin

Leave a Reply