Citizen Reporter

Laporan: Muslimah
Mahasiswa KPI Unismuh Makassar Melaporkan dari Gowa

GOWA. Masa kuliah daring selama pandemi global Corona telah dilaksanakan sejak 16 Maret 2020 untuk mahasiswa Unismuh Makaasar.

Pelaksanaan kuliah daring dengan beberapa aplikasi pembelajaran online secara full waktu ini dijalani mahasiswa dengan beragam tanggapan.

Seperti dituturkan mahasiswi S1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar, Sri Wahyuni, pada akhir pekan pertama April 2020 mengatakan,
selama kuliah daring bagi mahasiswa yang sempat pulang kampung bisa meringankan dan membantu pekerjaan orang tua, memperbaiki ibadah yang selama ini terabaikan oleh urusan duniawi.

Selain itu kuliah daring dapat menjalin jiwa sosial dengan baik antar sesama. Dukanya tidak bisa berlembaga dalam kampus karena harus di rumah, penggunaan kuota sangat terbatas, serta kurangnya pemasukan perekonomian keluarga, ungkapnya.

Mengenai subsidi kuota internet dari kampus Unismuh Makassar, itu menjadi suatu kesyukuran karena adanya bantuan dari kampus.

Selama kuliah daring proses belajar mengajar sangatlah kurang efektif, karena tidak terjadi tatap muka atau secara fisik

Perkuliahan daring juga tidak menjamin keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran, tegasnya.

Manfaat subsidi kuota dari kampus salah satunya memfasilitasi mahasiswa mengakses internet untuk mengirim tugas melalui kuliah daring, menurutnya

Proses penerimaan pembelajaran selama kuliah daring biasa-biasa saja belum mendapatkan yang namanya tantangan dalam proses pembelajaran, ungkapnya.

By admin

Leave a Reply