UNISMUH – Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah Dr Anjar Nugroho, Jumat (17/1/2020), tampil membawakan kuliah umum di Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar di Lt4 Mini Hall FAI Gedung Iqra Makassar.

Turut hadir Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM serta para civitas akademika FAI lainnya.

Kuliah umum ini dengan moderator, Dr Rusli Malli, M.Ag. Tema yang diusung adalah Fiqhi Harmoni Sosial Untuk Indonesia Damai.

Ajaran Agama Islam akan mampu menyelesaikan persoalan dalam kehidupan, tetapi harus pinjam metodologi dari ilmu sosial, katanya.

Konflik di negara ini sangat banyak dan terus menerus. Konflik terjadi karena konsikuensi dari interaksi sosial.

Selain itu penyebab konflik lainnya ketiadaan kesadaran, perbedaan kepentingan, keyakinan terusik, mempertahankan atau ingin memperoleh atau menguasai sumber kekayaan, kekuasaan atau kejayaan.

Prinsip ajaran Islam yang dapat jadi solusi konflik dengan menjaga kemaslahatan, menghindari bahaya, menegakkan keadilan, memudahkan dan tidak menyulitkan serta universal.

Sebelum membawakan kuliah umum Rektor UMP Banyumas ini jadi khatib salat Jumat di Masjid Subulussalam Al-Khoory Unismuh Makassar, Jumat (17/1/2020). (yahya).

By admin

Leave a Reply