UNISMUH.CO.ID, Makassar – Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Literasi Ekonomi dan Keuangan berbasis Syariah, Selasa 25 Januari 2022 di lantai II Menara Iqra Unismuh Bisnis Centre.

Acara ini dibuka Ketua PWM Sulsel, Prof Dr H Ambo Asse yang juga adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hadir Ketua BPH, Prof Gagaring Pagalung, SE, M.Si, Ak, CA yang juga Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Sulawesi Selatan, Wakil Rektor II Unsmuh Makassar, Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum,Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Elly Oschar.

Ketua Pemuda Pimpinan Wilayah Sulawesi Selatan, Elly Oscar dalam sambutannya, menyampaikan bahwa literasi ekonomi berbasis syariah di Indonesia pada tahun 2016 hanya sebesar 8,11% lalu Indeks Inklusi keuangan syariah berada pada 11,06% itu berarti bahwa pemahaman masyarakat terhadap layanan dan produk keuangan berbasis syariah masih rendah,.

Dikatakan keterlibatan masyarakat dalam pasar perbangkan syariah itu hanya mencapai sekitar 5, 12%. Capaian ini dianggap Elly Oscar masih rendah sekali dibandingkan dengan pangsa pasar konvensional.

” Mungkin saja diantar kita ini masih lebih banyak diperbankan konvensional dibandingkan syariah,” tandas Elly Oscar

Artinya lanjut Oscar bahwa literasi keuangan berbasis syariah ini penting untuk digalakkan supaya masyarakat khususnya teman-teman Pemuda dan Angkatan Muda Muhammadiyah Sulawesi Selatan untuk fokus pada pengembangan literasi keuangan berbasis syariah di tengah masyarakat.

Sekarang ini Angkatan Muda Muhammadiyah Sulsel telah memualai bekerjasama dengan Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Unsimuh Makassar, dan Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan literasi ini dirangkaikan dengan Soft Launching Fastabiq Food Court oleh Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Elly menjelaskan dia menyiapakan suatu tempat nongkrong, atau kegiatan diskusi, sembari menikmati kopi untuk anak-anak muda di makassar ini dalam Fastabiq Food Court atau Pusat Jajanan Sehat masyarakat (Pujasera). Lokasinya berada di Bilangan Pusdam di depan kampus Universitas Hasanuddin.

“ Saya menyiapkan sekitar 27 tenant dan itu terbuka untuk umum walaupun 50% itu dari Angkatan Muda Muhammadiyah atau kader, ataupun rekomandasi dari Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan untuk menyewa tenant yang ada saat ini. Saya menyiapkan fasilitas yang tidak dimiliki oleh penyedia jasa foodcoor lainnya,”jelas Elly

Elly yang juga Wakil Dekan III FAI akan membuka sport center diseputaran lokasi Foodcoor, Lapangan Futsal, Badminton, tennis meja dan lainnya.

“Mudah-mudahan itu menjadi sebuah penyemangat bagi teman-teman pemuda Muhammadiyah untuk bisa berdaya secara ekonomi, sukses bersama dan itu dimulai dari teman-teman pemuda Muhammadiyah,” kunci Elly Oscar.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply