MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Tim Senat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) Palu melakukan kunjungan silaturahim ke Unismuh Makassar, Senin 22 November 2021.

Kunjungan silaturahim ini dalam rangka untuk memperkuat kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Untad Palu dengan Unismuh Makassar yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Rombongan Senat FKIP Untad yang beranggotakan 15 orang dipimpin Prof Andi Tanra Tellu, MS diterima Rektor Unismuh, Prof Ambo Asse di lantai 17 Ruang Rapat Senat Universitas Gedung Iqra Kampus Unismuh.

Ikut mendampingi Rektor Prof Ambo Asse diantaranya Wakil Rektor I, Dr Ir Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II, Dr Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor IV, Drs KH Mawardi Pewangi, Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib, S.Pd, M.Pd, Ph.D dan sejumlah wakil dekan FKIP, pimpinan lembaga dan biro serta humas menerima rombongam Senat FKIP Untad.

Rektor Prof Ambo Asse menyambut baik kunjungan silaturahim rombongan Untad. Sebelum memulai sambutannya rektor memperkenalkan satu persatu pejabat Unismuh yang hadir dalam acara silaturahim.

Rektor juga menyampaikan kalau di Unismuh telah membina 7 fakultas (Fakuktas FKIP, Fakuktas Agama Islam, Fakuktas Teknik, Fakutas Ekonomi dan Bisnis, Fakuktas Pertanian, Fakuktas Sospol, dan Fakultas Kedokteran dan 1 program pascasarjana (S2 dan S3). Ada juga mahaswa Ma’had, PUT dan Pesmadina.

Dari 7 fakultas dan program pascasarjana yang dibina, jumlah mahasiswa kurang lebih 19 ribu orang. Sementara dosen 800 orang, pegawai kurang lebih 300 orang

Rektor menyebutkan sejumlah binaan Unismuh termasuk labschool SD, SMP dan SMA. Juga memiliki pondok pesantren, juga unit bisni dibawah PT Surya Pangan Indonesia (SPI) Unismuh, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh serta rencana pembangunan kampus Fakultas Kedokteran Unismuh samping Rumah Sakit Unismuh.

Ketua rombongan Prof Andi Tanra Tellu, MS, mengatakan tujuan kunjungan ke Unismuh selain memperkuat silatirahim juga untuk sharing terkait dengan penguatan perencanaan terhadap pengembangan akademik tingkat fakultas dan Unismuh dianggap maju dalam pengembangan akademiknya baik ditingkat fakultas maupun tingkat universitas.

Prof Andi Tanra Tellu juga ingin sharing terkait dengan rekruitmen penerimaan mahasiswa baru dan juga ingin mengetahui peran senat tingkat fakultas keterkaitan dengan pengembangan akademik.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor I, Dr Ir Abd Rakhim Nanda, mengatakan dua tahun terakhir ini Unismuh sangat konsen membenahi standar akreditasi dari 7 standar menjadi 9 kriteria.

Dalam waktu dua tahun berjalan masa pandemi covid -19 mulai dari tingkat universitas, fakultas hingga pada tingkat prodi, lanjut Rakhim Nanda terus didorong untuk lebih masif melakukan penguatan SPMI dan terkait dengan sistem informasi pengambilan kebijakan pimpinan selalu berbasis data.

Dalam pertemuan ini tim Untad juga telah memuji program ‘FKIP Unismuh Peduli’ yang sudah lebih luas jangkauanya dibanding ‘FKIP Untad Peduli’ kegiatannya masih skala kecil.

Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib, FKIP Peduli disebutkan adalah tagline FKIP Unismuh untuk kegiatan peduli untuk sesama sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Leave a Reply