UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR  – Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini merupakan momen menggembirakan bagi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Salah seorang dosennya berhasil meraih jabatan fungsional Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Sosiologi.

Dosen tersebut adalah Dr Nursalam MSi, dosen Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) Wilayah IX yang dipekerjakan pada Universitas Muhammadiyah Makassar.

Informasi tersebut diperoleh dari foto SK yang dikirimkan Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri di Grup Whatsapp Unismuh Makassar. “Selamat Bapak Prof Dr H Nursalam atas SK Guru Besarnya,” tulis Wakil Rektor yang membidangi Sumber Daya Manusia dan Keuangan ini.

Nursalam saat kini merupakan Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar. Ia mendapatkan kenaikan jabatan akademik fungsional dosen sebagai Profesor/guru besar berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan nomor: 53298/MPK.A/KP.05.01/2021.

Penetapan guru besar Nursalam ditandatangani Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim pada 5 Agustus 2021.

Nursalam lahir di Enrekang, 9 Februari 1960, menyandang gelar Profesor bidang Ilmu Pendidikan Sosiologi, terhitung sejak 1 Agustus 2021. Ia menyelesaikan Pendidikan S3 di Program Doktor Ilmu Sosiologi Universitas Negeri Makassar pada tahun 2013.

Wakil Dekan III FKIP Unismuh ini juga telah menerima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2018. Puluhan karya tulis imiah telah dihasilkannya, baik dalam bentuk buku, dan artikel ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional.

Sebelum menjadi WD III, Nursalam menjabat sebagai Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar sejak Prodi tersebut berdiri pada tahun 2006.

Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh saat ini telah memiliki dua orang Guru Besar. Selain Nursalam, Prof Eliza Meiyani juga tercatat sebagai Guru Besar di Prodi yang telah telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2018.

Saat dihubungi, Nursalam menyampaikan kesyukurannya atas pencapaian tersebut. “Alhamdulillah, tentu ikhtiar ini tidak akan membuahkan hasil, tanpa izin Allah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi baik langsung maupun tak langsung atas keluarnya SK Guru Besar kami,” kata Nursalam.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse juga menyampaikan ucapan selamat atas keluarnya SK Guru Besar dosen Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar ini. “Selamat kepada Pak Nursalam, telah mencapai jabatan fungsional tertinggi. Semoga dapat memotivasi dosen-dosen lainnya, khususnya yang saat ini telah berada pada jafung Lektor Kepala,” ungkap Ambo Asse.

Menurutnya, Unismuh sangat serius mendorong dosen-dosennya untuk megurus pangkat dan jabatan fungsional.

“Tema Raker kami beberapa hari lalu adalah penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia. Indikator paling mudah diukur bagi dosen yang melaksanakan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat adalah jabatan fungsional. Sebab, setiap urus pangkat, pasti bukti pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan dimintai pertanggungjawabannya,” tambah nakhoda Unismuh Makassar ini.

Leave a Reply