MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar melaksanakan seminar nasional secara offline dan online di Hotel and Convention Sultan Alauddin, Jumat 31 Desember 2021.

Seminar Nasional Program Penelitian Evaluasi Penerapan MBKM dan Pengabdian Masyarakat berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi yang dihadiri dosen dan mahasiswa dibuka secara langsung oleh Rektor Unismuh Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag.

Hadir secara langsung dalam seminar nasional, Rektor Prof Ambo Asse, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor IV, Drs H Mawardi Pewangi, M.Pd.I, Ketua LP3M Unismih, Dr Ir H Abubakar Idham, Sekretaris LP3M, Arief Muhsin, S.Pd, M.Pd. Sementara Wakil Rektor II, Dr Andi Sukri Syamsuri dan Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir mengikuti secara online.

Seminar nasional ini menghadirkan pemateri
melalui zoom, yakni Prof Dr Ir Andi Aladin, MT (Guru Besar UMI), Prof Dr SC. AGR Ir Didik Sulistiyanto, M.Si (Universitas Negeri Jember).

Mengkaji Surah Al Alaq

Sebelum acara ini dibuka, diawali dengan pengajian yang dibawakan oleh Wakil Rektor IV, Drs H Mawardi Pewangi, M.Pd.I. Dalam pengajiannya mengutip surah Al- Alaq (1 – 8). Dalam Surah Al-Alaq ayat 1 – 5 mengingatkan kita akan perintah Allah untuk membaca, meneliti dan menulis.

Dalam surah ini sebut Mawardi Pewangi, orang beriman dalam ayat ini diperintahkan untuk menulis. Sangat berbeda orang berharta dengan orang berilmu. Orang berharta jika meninggal hanya meninggalkan hartanya tapi orang berilmu jika meninggal dapat meninggalkan tulisannya agar tidak punah dan ilmu yang ditulisnya bisa menjadi amal jariyah.

Sementara ayat 6 – 7 dalam surah ini juga mengingatkan bagi orang berilmu untuk hati- hati jangan sampai ilmunya menimbulkan kesombongan, keangkuhan dan bahkan melakukan kerusakan dimuka bumi ini karena merasa memiliki kelebihan.

Sementara dalam ayat 8 mengingatkan untuk tidak sombong dengan ilmu yang dimiliki karena pada saatnya kita akan dikembalikan. Dan sebaliknya orang berilmu yang didasari ilmu, iman dan amal itu akan diangkat derajatnya.

Oleh karena itu Mawardi Pewangi meminta dosen yang memiliki bakat menulis maka menulislah, agar ilmu yang ditulis bisa menjadi amal jariyah.

Evaluasi Program MBKM

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Ir Abd Rakhim Nanda dalam sambutannya berharap LP3M yang telah diamanahi mengelola hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi dapat menghasilkan Purwarupa sebagaimana yang diamanahkan Kemendikbud Riset dan Teknologi melalui evaluasi penerapan MBKM.

Lumrah bagi sebuah program baru untuk sering – sering dilakukan evaluasi. Karena itu Wakil Rektor I Bidang Akademik menitip harapan kepada LP3M sebagai yang diamanahi penyelenggara hibah dapat menghasilkan purwarupa atau desain yang bisa menjadi gambaran umum dalam pengembangan inovatif.

Rahim Nanda juga berharap program ini dapat menghasilkan multiplier efek bagi IKU. Serta berharap agar program penelitian MBKM dan pengabdian kepada masyarakat bisa berkelanjutan dan bagi dosen yang belum terlibat dalam program ini dapat dibantu dan ini menjadi tantangan LP3M kedepan.

Sementara Ketua LP3M, Dr Ir Abubakar Idham, melaporkan Program Penelitian Evaluasi Penerapan MBKM dan Pengabdian kepada Masyarakat telah berjalan dengan baik, dan optimis pelaporannya mencapaj 100 persen sebelum batas waktu yang ditentukan.

Sementara itu Rektor Prof Ambo Asse, mengapresiasi kinerja LP3M selama ini karena bisa menjalankan amanah ini dengan baik. Berharap peneliti muda yang belum memiliki pengalaman dalam membuat proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarat untuk bisa dibantu.

Rektor juga berharap dosen muda di tingkat prodi dapat didorong untuk melakukan riset guna mendukung program MBKM di Unismuh.

Leave a Reply