MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Pengembangan kewirausahaan harus menyesuaikan dengan tren perkembangan zaman. Termasuk penyesuaian pada era digital seperti saat ini.

Menyadari fenomena itu, Forum Komunikasi Alumni (FOKAL) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Pertanian Unismuh Makassar bekerjasama dengan Astra Startup Community menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan.

Seminar yang mengusung tema “Transformasi Digital untuk Wirausaha Muda” ini digelar di Aula Fakultas Pertanian Unismuh, Sabtu, 15 Januari 2022.

Seminar ini, turut menghadirkan dua narasumber yang merupakan master mentor SIGAP UMKM, yaitu Muhammad Arif Rahmat SH dan Muhammad Ikbal SPi MSi.

Dalam sambutan pengantarnya, Ketua FOKAL IMM Fakultas Pertanian Unismuh Makassar Ardiansyah Rusmadi SPi mengungkapkan bahwa agenda kolaborasi merupakan langkah awal bagi alumni IMM untuk membangun kerjasama sekaligus memperkuat skil kewirausahaan.

“Bagi alumni fakultas Pertanian, langkah ini cukup strategis dalam mengintegrasikan hasil taninya, dalam dunia berwirausaha dengan menggunakan Startup berbasis digital,” jelas Ardiansyah.

Hal senada diungkapkan Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Unismuh DrJumiati SP MM. Ia menyatakan bahwa perlu ada pemberdayaan, penguatan keterampilan dan kerja sama jangka panjang dengan berbagai pihak, termasuk Astra Startup Community.

“Kolaborasi ini menunjang serta membantu alumni untuk meningkatkan minat dan skill wirausahanya,” ungkap Jumiati.

Dengan adanya langkah awal kerjasama ini, sambungnya, diharapkan mampu melahirkan para wirausaha muda, serta dan menjadi model untuk mandiri secara ekonomi.

Pihak perwakilan Astra Startup Community menyatakan kesiapan mereka berkolaborasi untuk menjembatani pengusaha-pengusaha muda Unismuh Makassar yang berminat dalam dunia wirausaha.

Paparan Narasumber

Rahmat sebagai narasumber mengungkapkan bahwa dalam berwirausaha yang pertama kali perlu diperbaiki adalah mindset.

“Selain itu, ketepatan untuk membaca peluang dan upaya inovasi menjadi kunci sukses untuk memulai bisnis,” jelas Rahmat.

Pemateri lainnya, Muhammad Ikbal mengatakan bahwa model bisnis saat ini sudah bertransformasi ke dunia digital.

“Anak muda yang mau menginvestasikan waktunya dalam dunia bisnis, mesti cakap akan digital, berani mengambil resiko dan peluang serta perbanyak membangun networking,” jelasnya.

Seminar ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai disiplin ilmu. Para peserta yang didominasi pertanian kader IMM Fakultas Pertanian Unismuh ini mengikuti acara dengan antusias.

Leave a Reply