MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar kembali menggalang donasi dan menyalurkan bantuan untuk penyintas gempa bumi di Kabupaten Selayar.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa bermagnitudo 7,4 yang mengguncang Flores Timur, NTT pada Selasa (14/12/2021) juga berdampak serius di Kabupaten Selayar.

Data per Selasa pukul 23.15 WITA, 346 rumah rusak. Dari jumlah itu, 134 rumah mengalami rusak berat dan 212 lainnya rusak ringan. Selain itu, ada 3 unit gedung sekolah, 2 tempat ibadah, 1 rumah jabatan kepala desa dan 1 pelabuhan rakyat yang juga terdampak gempa.

Ketua Tim FKIP Unismuh Peduli Erwin Akib menyampaikan bahwa hari ini, Kamis (16/12/2021), pihaknya akan mengirimkan bantuan sembako untuk para penyintas gempa di Selayar.

“Insyaallah bantuan akan diserahkan melalui Ibu Indra, kepada Posko Angkatan Muda Muhammadiyah di Selayar,” jelas Erwin.

Posko Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Selayar terletak di Kedai Kopi Tetta, Jl. Jend. Ahmad Yani, depan Gedung Gabungan Organisasi Wanita (GOW), sebelah utara asrama HPMKS.

Bantuan yang disalurkan FKIP Unismuh Peduli, kata Erwin, merupakan donasi dari berbagai kalangan. “Sumbangan ini dari para donator, khususnya dari Bapak Ashabul Kahfi, Anggota Komisi IX DPR RI. Ada pula donasi dari para dosen di FKIP Unismuh,” ungkap Dekan FKIP Unismuh Makassar ini.

Bantuan sembako ini, lanjutnya, merupakan bantuan tahap pertama. Sembako yang disalurkan berupa beras, minyak goreng, dan ikan kaleng. Bantuan selanjutnya, akan dikirimkan dalam bentuk uang tunai.

Beberapa hari lalu, Senin (13/12/2021), Tim FKIP Unismuh Peduli juga menyalurkan bantuan sembako bagi penyintas banjir di Kabupaten Soppeng.

Bantuan diserahkan kepada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Soppeng. Bantuan diantar oleh Tim yang dipimpin Wakil Dekan III Unismuh Dr Muhammad Akhir.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi meringankan beban masyarakat Selayar, dapat menyalurkan bantuan dana melalui nomor rekening FKIP Peduli 7773336009 (Bank Syariah Indonesia).

Leave a Reply