MAROS, UNISMUH.AC.ID – Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar menggelar Seminar Hasil Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek 2021, Senin 27 Desember 2021 di Hotel Grand Mall Maros.

Rektor Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Ambo Asse, M.Ag, saat membuka seminar ini, menyatakan rasa syukur karena menjelang akhir tahun 2021 Unismuh mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian melalui LP3M sebesar Rp. 1,3 Miliar.

Melalui hibah ini, kata Ambo Asse, para dosen harus siap bekerja keras, dan selalu memacu semangat untuk meningkatkan kinerja tri dharma khususnya penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan meningkatkan kualitas dosen sesuai bidangnya masing-masing.

Prof Ambo juga mengharap agar dana hibah itu dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dipertanggungjawabkan secara disiplin dan tepat waktu.

Dia juga mewajibkan agar seluruh karya-karya ilmiah yang dihasilkan para dosen semakin banyak diupdate dan dilaporkan melalui Simpelmas, katanya.

Selain itu, sambung Ambo Asse, ke depan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat akan selalu disinergikan dengan penguatan cabang dan ranting Muhammadiyah di berbagai daerah di Sulsel.

Ketua LP3M Unismuh Dr Ir Abubakar Idhan, MP pada laporannya mengatakan dari 4000 lebih Perguruan Tinggi se-Indonesia, hanya 110 memperoleh dana hibah Litbang Kemendikbud dan Unismuh diurutan ke 50 dari daftar perguruan tinggi yang memperoleh hibah tersebut.

Dana hibah itu disebar dalam 13 kegiatan terbagi atas 7 kegiatan penelitian dan 6 pengabdian masyarakat melibatkan 92 dosen dengan perincian 72 dosen di kegiatan penelitian dan 20 di kegiatan pengabdian.

Lebih lanjut doktor ilmu pertanian PPs-Unhas ini mengatakan bahwa LP3M berkomitemen seluruh luaran dari berbagai kegiatan ini akan dipublikasikan dalam jurnal nasional dan internasional.

Pada akhirnya luaran dalam bentuk publikasi akan meningkatkan IKU Unismuh yang berpengaruh terhadap peningkatan nilai akreditasi kampus.

Seminar sehari ini turut hadir Wakil Rektor I, Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Dr Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III Dr Muhammad Tahir, dan Drs Mawardi Pewangi MPdI.

Hadir pula Ketua Dewan Guru Besar Unismuh Makassar; Prof Dr Irwan Akib, Sekretaris Senat Unismuh Makassar, Dr. Baharullah, M.Pd.

Para dekan dalam lingkup Unismuh juga turut hadir, yaitu Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, M.Sc., Sp. GK (K). Dekan FKIP Erwin Akib, M.Pd., Ph. D; Dekan FAI, Dr. Amirah Mawardi, S. Ag., M. Si.

Dekan Pertanian, Dr. Ir. Hj. Andi Khaeriyah, M. Pd; Dekan Teknik Dr. Ir. Hj. Nurnawati, S.T., M.T. I.P.M; Dekan FEB, Dr. Andi Jam’an, S.E., M. Si, Dekan Fisip Dr. Hj. Ihyani Malik, S. Sos., M. Si, dan Guru Besar Pendidikan Sosiologi Unismuh, Prof. Dr. Eliza Meiyani, M.Si.

Leave a Reply